Cara Membuat Antena UHF Sinyal Kuat Tanpa Set Top Box

Bagikan:
Cara Membuat Antena UHF Sinyal Kuat Tanpa Set Top Box
foto: innovationatwork.ieee.org

Supaya siaran yang ditampilkan pada TV menjadi jernih, Anda perlu mengetahui cara membuat antena UHF sinyal kuat. Dalam menerima sinyal UHD dibutuhkan antena dengan jenis biquad yang memiliki dua loop yang masing-masing mempunyai panjang ¼ dari panjang gelombang.

Antena jenis ini mampu menangkap sinyal dengan cukup kuat, tetapi terkadang gambar menjadi semutan atau buram. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara supaya antena UHF sinyal kuat.

Tentang Antena UHF

Sekarang kami akan sedikit menjelaskan mengenai antena UHF yang perlu Anda ketahui. Ini adalah antena yang dapat membantu untuk meradiasikan serta menerima gelombang radio dan ataupun gelmboang elektromagnetik.

Baca Juga: Cara Agar TV Jernih dengan Antena Dalam, Mudah Banget Bro!

Antena UHF atau ultra high frequency ini merupakan jenis antena yang memang sudah terstruktur ketika menangkap siaran dari berbagai channel.  Saat ini juga sudah banyak wilayah yang menggaey stasiun TV untuk mengirimkan bandwidth UHF.

Ini akan membuat masyarakat bisa menangkap sinyal melalui udara tanpa kabel ataupun satelit tetapi tetap bisa menangkap sinyal dengan baik. Sejumlah antena UHF dirancang untuk digunakan di dalam  maupun luar ruangan.

Selain UHF ternyata masih ada antena VHF. Untuk antena jenis VHF ini memerlukan cukup banyak elemen dan panjang gelombanya pun terbilang panjang.

Jika TV Anda menggunakan antena UHF dan ingin membuat supaya sinyal yang diterima lebih kuat maka coba beberapa cara di bawah ini. Pastikan Anda menyimaknya sampai selesai ya supaya bisa mengikutinya dengan baik.

Cara Mudah Membuat Antena UHF Sinyal Kuat

Nah, sekarang kami akan memberikan pembahasan bagaimana cara supaya antena UHF sinyal kuat dengan mudah. Seperti yang kita ketahui bahwa antena UHF cukup rawan mengalami gangguan yang membuat tayangan di televisi menjadi buram.

Nah, untuk meminimalisir hal tersebut maka Anda bisa melakukan beberapa cara supaya antena bisa menerima sinyal dengan kuat. Langsung simak dan ikuti sejumlah tips yang telah kami rangkum berikut ini:

1. Dengan Dudukan Elemen Driver

Cara pertama untuk membuat antena UHF sinyal kuat adalah dengan dudukan elemen driver. Ini bisa dibuat dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pertama, Anda siapkan terlebih dahulu sebatang pipa ataupun paralon
  2. Kemudian pipa tersebut Anda bagi menjadi dua dengan panjang yang sama, yakni 17,4 cm
  3. Jika sudah, sekarang masukan pipa ke lubang penyambung T PVC
  4. Satukan T dari boom relektor menggunakan T dudukan elemen driver yang sudah dibuat dengan potongan pipa tadi
  5. Jangan lupa untuk mengoleskan lem pada pipa PVC
  6. Satukan keduanya
  7. Berikutnya, Anda perlu lubangi ujung pipa PVC yang sudah disiapkan tadi, ujung dan bagian b awah elemen driver
  8. Lalu pasang element pada dudukan menggunakan sekrup
  9. Ujung kabel coaxial jadikan sebesar 3 cm sampai serabut yang ada terbuka dan nantinya akan dijadikan sebagai kutub negative
  10. Tipiskan kembali kabel coaxial sampai ukurannya sekitar 2 cm atau hingga inti tembaga terbuka dan nanti akan dijadikan sebagai kutub positif
  11. Ikat dua ujung kabelnya pada dua sisi sambungan elemen driver yang telah diberikan sekrup
  12. Kecangkan sekrup
  13. Selesai

2. Dengan Membuat Reflektor di Antena

Metode kedua yang bisa Anda coba supaya sinyal UHF kuat adalah dengan membuat reflector pada antena. Sebelumnya, siapkan pipa aluminium dan simak tutorial pembuatannya berikut ini:

  1. Langkah pertama adalah memotong pipa aluminium yang sudah disiapkan menjadi dua bagian dengan setiap bagian berukuran 24,4 cm
  2. Kemudian masukan masing-masing bagian pipa ke penyambung T PVC
  3. Ukur pipa menjadi tiga bagian dan masing-masing 16,27 cm
  4. Lubangi beberapa spot
  5. Anda harus menentukan bagian mana yang dijadikan sebagai spot tengah dari pipa aluminium dengan ukuran masing-masing adalah 24,4 cm
  6. Lubangi spot tersebut dilanjutkan dengan memasang ke spot PVC menggunakan baut skrup
  7. Pastikan baut skrup dipasangkan dengan kencang
  8. Selesai, sekarang reflector di antena UHF Anda sudah berhasil dibuat

3. Dengan Membuat Elemen Driver Biquad

Selain reflector, Anda juga bisa membuat elemen driver biquad supaya antena UHF yang terhubung ke TV Anda bisa menerima sinyal dengan lebih maksimal. Jika Anda bingung dengan cara membuatnya, simak dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan batang aluminium
  2. Potong menjadi empat bagian dengan panjang masing-masing adalah 12,2 cm
  3. Tekuk setiap bagian hingga berbentuk jajar genjang
  4. Lubangi masing-masing ujungnya
  5. Pasangkan menggunakan dua bagian jajar genjang lainnya kemudian kecangkan dengan buat sekrup
  6. Pastikan baut dan sekrup tersebut dipasangkan dengan kencang
  7. Selain itu, tidak boleh ada bagian manapun yang kendur supaya bisa berfungsi dengan baik

Bagaimana Cara Mengatasi Antena UHF Sinyal Lemah?

Sudah melakukan semua cara di atas tetapi kualitas gambar siaran di TV Anda masih buruk? Mungkin saja di daerah Anda sudah tidak tersedia siaran TV analog lagi sehingga harus beralih ke digital.

Sejak adanya kebijakan pemerintah mengenai migrasi ke TV digital memang membuat berbagai siaran TV analog di berbagai daerah ditutup. Mau tidak mau tentu harus menangkap sinyal siaran digital, salah satunya menggunakan set top box.

Dengan alat bernama set top box ini Anda bisa menikmati siaran TV digital meskipun masih menggunakan televisi analog. STB bisa dibeli dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp 100 ribuan hingga Rp 300 ribuan.

Tentu ini bisa menjadi solusi ketika Anda tidak memiliki TV digital, apalagi set top box mudah dtemui dengan harga yang terbilang murah jika dibandingkan dengan membeli perangkat televisi digital. Di bawah ini kami akan memberikan cara mencari siaran TV digital menggunakan STB:

1. Hubungkan set top box ke TV Anda dengan memasang kabel yang tersedia

2. Masuk ke tampilan AV

3. Pada halaman Menu set top box, pilih bagian Pencarian Saluran

televisi

4. Pada beberapa kasus mungkin Anda akan disuruh memasukan kode lokasi TV digital, silahkan isi dengan benar

5. Pilih Pencarian Otomatis untuk memindai semua channel yang tersedia

membuat antena uhf sinyal kuat

6. Atau, Anda juga bisa pilih Pencarian Manual untuk langsung menemukan suatu siaran TV secara spesifik

7. Tunggu beberapa menit hingga pemindaian channel TV digital selesai

membuat antena uhf sinyal kuat

8. Selama proses, akan tampil satu per satu channel yang berhasil ditemukan

9. Selesai, semua siaran bisa langsung disaksikan dengan kualitas gambar sangat jernih

Penggunaan set top ini cocok untuk Anda yang tidak ingin ribet membuat antena UHF supaya sinyal kuat. Cukup pasang set top box dengan mudah dan lakukan pencarian channel seperti yang telah kami sampaikan di atas untuk mendapatkan tayangan TV super jernih.

Akhir Kata

Nah, itu dia ulasan bagaimana cara membuat antena UHF sinyal kuat supaya gambar dan audio jernih. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan set top box jika TV Anda memang belum mendukung siaran digital.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Remot TV yang Tidak Merespon dengan Mudah

Kami harap Anda bisa memahami semua penjelasan yang kami sampaikan pada artikel ini. Jangan lupa cek tips seputar elektronik lainnya di situs ini. Terima kasih.