Kelebihan dan Kekurangan Antena TV Digital Beserta Jenisnya

Bagikan:

Antena TV Digital

Kelebihan dan kekurangan antena TV digital banyak dicari tahu oleh orang-orang saat hendak memutuskan untuk berganti ke TV digital. Televisi adalah salah satu alat elektronik yang berguna sebagai hiburan karena bisa menayangkan berbagai program dari setiap channel untuk hiburan bagi penontonnya.

Televisi yang digunakan sejak dulu yaitu TV analog yang mana sistem transmisi siaran TV yang digunakan masih berupa sinyal analog. Saat ini pun terdapat program pemerintah yang dijalankan yaitu berpindah dari TV analog ke TV digital. Program tersebut akan menghapus sinyal analog. Sehingga jika Anda tidak menggunakan TV digital maka Anda tidak akan bisa menikmati tayangan televisi.

Sejumlah Kelebihan dan Kekurangan Antena TV Digital

Maksud dari TV digital yaitu siaran televisi yang sudah menggunakan sistem kompresi sinyal digital untuk mentransmisikan pesan audio visual. Berbeda dengan TV analog yang sistem transmisi siarannya masih menggunakan sinyal analog. Transmisi TV digital menggunakan metode multitasking untuk mengirimkan sinyal konten siaran. Karena diperlukan perangkat dekoder untuk menerima dan mengkode ulang sinyal yang dipancarkan oleh stasiun TV digital.

Sehingga TV analog tidak akan bisa menerima siaran digital secara langsung melainkan diperlukan perangkat tambahan untuk mengolah sinyal digital. Perangkat tersebut yaitu Set Top Box dan antena digital. Sesuai dengan namanya, antena TV digital hanya akan menangkap sinyal digital sehingga bisa menayangkan siaran TV digital. Membicarakan soal sinyal, lantas apa perbedaan sinyal digital dan sinyal analog?

Sebenarnya kedua sinyal tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membawa informasi namun bentuk keduanya berbeda. Sinyal digital yaitu kombinasi antara bilangan binder yang berbentuk persegi. Sementara itu, sinyal analog yaitu sinyal yang mempunyai wujud gelombang sinus dengan ciri khas utama amplitudo serta frekuensi. Lantaran sinyal analog memakai frekuensi, maka sinyal tersebut sama dengan alat komunikasi yang lain.

TV analog menggunakan sinyal frekuensi yang besarannya cukup luas yaitu sekitar 700 MHz. Karena itu, peralihan TV analog ke digital yang dilakukan oleh pemerintah merupakan upaya untuk menggabungkan beberapa frekuensi yang akan berguna untuk internet dan alat komunikasi. Dengan begitu diharapkan nantinya internet dan alat komunikasi bisa digunakan lebih cepat dan tetap bisa digunakan saat terjadi sebuah bencana.

Penggunaan TV digital juga akan memberikan kelebihan daripada TV analog. Misalnya yaitu tayangan TV menjadi lebih jernih dan tidak buram, suaranya pun jauh menjadi lebih bening. Dengan begitu maka pengalaman dalam menonton televisi menjadi lebih menyenangkan dan lebih menarik.

Kelebihan Antena TV Digital

Terdapat kelebihan dan kekurangan antena TV digital yang bisa dirasakan oleh penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan antena TV digital yang bisa dirasakan:

1. Tayangan TV Tidak Buram

Kelebihan pertama dari antena digital yaitu mampu memberikan tayangan TV yang lebih jernih dan tidak buram. Pada TV biasa, pastinya Anda sering menemui siaran yang buram atau banyak semutnya. Hal tersebut bisa terjadi karena penangkapan sinyal televisi yang lemah karena jauh dari pemancar atau karena antena yang kurang mendukung.

Dengan antena TV digital maka Anda tidak akan melihat tayangan yang buram karena sinyal buram. Tayangan akan tampil lebih jernih dan stabil. Jika sinyal digital yang diterima lemah, tayangan tidak akan menjadi buram namun tetap menampilkan gambar jernih namun kondisinya patah atau macet.

2. Resolusi Gambar HD

Kelebihan dan kekurangan antena TV digital selanjutnya yaitu mampu menampilkan gambar dengan resolusi HD yang pastinya lebih berkualitas daripada dengan resolusi SD. Resolusi layar HD memiliki pixer gambar 1280 x 750. Sementara itu, pada jenis SD hanya memiliki pixel 720 x 576. Semakin banyak jumlah pixel pada layar monitor juga akan semakin jernih pula gambar yang ditampilkan.

3. Channel Lebih Banyak

Channel stasiun TV juga akan bertambah lebih banyak daripada TV analog. Hal tersebut karena kompresi data yang digunakan pada siaran TV digital memungkinkan untuk memuat lebih banyak informasi audio visual.

4. Sinyal Lebih Stabil

Kelebihan antena TV digital lainnya yaitu sinyal transmisi yang lebih stabil. Untuk mentransmisikan konten siaran sebenarnya TV digital juga masih menggunakan frekuensi atau sinyal analog. Namun karena adanya teknologi kompresi data yang ditransmisikan melalui frekuensi analog, maka siaran TV akan lebih stabil. Hasilnya gambar yang ditampilkan tidak akan mengalami perubahan ketajaman.

5. Menyediakan Banyak Fitur Multimedia

TV digital juga akan dilengkapi dengan berbagai konten multimedia seperti pemutar file video dan akses ke YouTube. Sehingga nantinya Anda bisa memutar video YouTube melalui TV digital.

Kekurangan Antena TV Digital

Selain memiliki berbagai kelebihan yang menarik, antena TV digital ini juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan antena TV Digital tersebut yaitu:

1. Jangkauan Belum Merata

Beberapa daerah mungkin belum mendapatkan sinyal siaran TV digital secara penuh. Sehingga channel televisi masih ada yang belum muncul sepenuhnya sehingga bisa saja channel yang ada lebih terbatas. Atau bahkan beberapa channel yang tadinya ada di TV analog malah tidak muncul dalam TV digital.

2. Banyak Orang yang Belum Paham Cara Menggunakannya

Kekurangan antena TV digital kedua yaitu karena teknologi siaran digital ini masih tergolong baru maka banyak orang yang masih tidak paham bagaimana cara menggunakannya. Sehingga hal tersebut masih menimbulkan kebingungan bagi pengguna baru.

Jenis-jenis Antena Digital

Antena TV digital ini memiliki dua jenis yang berbeda, namun keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menangkap sinyal digital. Perbedaan keduanya yaitu hanya pada penempatannya saja. Berikut ini adalah jenis antena TV digital:

1. Antena Outdoor

Sesuai dengan namanya, antena ini bisa Anda letakkan di luar ruangan karena ukurannya yang lebih besar sehingga kurang memungkinkan jika diletakkan dalam ruangan. Kelebihan dan kekurangan antena TV digital Outdoor yaitu kelebihannya seperti bisa menangkap sinyal dengan lebih baik dan lebih banyak sehingga tayangan TV Anda akan lebih beragam.

Anda juga tidak perlu bingung mengubah posisi antena atau memindahkannya karena letaknya yang diluar tidak akan mempengaruhi sinyal yang akan ditangkap. Namun dengan begitu maka berarti Anda juga tidak bisa mengubah posisi antena jika terjadi kerusakan. Hal tersebut tentunya akan lebih merepotkan Anda. Selain itu harga antena jenis ini juga lebih mahal daripada antena lainnya.

2. Antena Indoor

Berbeda dengan antena outdoor, antena indoor diletakkan didalam rumah karena memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi rumah. Kelebihan dan kekurangan antena TV digital Indoor yaitu bobotnya lebih ringan. Sehingga lebih mudah jika dipindahkan atau dibawa kemana pun.

Antena ini juga lebih aman dari panas, hujan, maupun sambaran petir arena berada dalam ruangan. Harganya juga lebih terjangkau daripada antena outdoor. Namun sayangnya antena indoor ini tidak bisa menangkap sinyal lebih banyak sehingga tidak bisa menangkap banyak tayangan.

Selain itu, terkadang Anda juga harus menempatkan antena pada posisi tertentu agar tayangan bisa terlihat jernih. Di sisi lain, ukuran kabel dari antena ini juga terbilang lebih pendek sehingga lebih sulit untuk diselesaikan. Namun jika antena mengalami kerusakan maka akan lebih mudah dalam membenarkannya.

Baca juga Kelebihan dan Kekurangan TV Coocaa 32 Inch

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan antena TV digital dan juga jenis-jenisnya. Untuk memilih antena mana yang ingin digunakan, indoor atau outdoor Anda bisa memilih jenis manapun karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Anda juga bisa mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum memutuskannya dengan pasti. Jangan lupa untuk menyesuaikan antena dengan TV agar bisa bekerja dengan lebih baik.

Kamu bisa menemukan konten yang berkaitan dengan elektronik disini secara lengkap.